Data Umum

Kecamatan Pemayung

GAMBARAN UMUM

GAMBARAN UMUM

KECAMATAN PEMAYUNG KABUPATEN BATANG HARI

Berdasarkan kondisi geografis bahwa Kecamatan Pemayung terletak di Kelurahan Jembatan mas dengan Orbitasi 36 Km dari Ibu Kota Provinsi Jambi dan 29 Km dari Ibu Kota Kabupaten Batang Hari, yang berbatasan Lansung sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Muara Bulian, Timur berbatasan dengan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Muara Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batang Hari. Dengan Luas Wilayah 957.50 KM2 yang terdiri dari 18 Desa dan 1 Kelurahan dengan Jumlah Penduduk di akhir semester yakni bulan Desember 2020 sebanyak 36.381 jiwa, terdiri dari 19.159 jiwa laki-laki dan 17.222 jiwa perempuan, dengan kepadatan penduduk rata-rata sebesar 26 jiwa/ Km2.

                  

Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi Kecamatan

Berdasarkan pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Batang Hari Nomor 58 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi,  Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kecamatan Kabupaten Batang hari

Kecamatan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati. dipimpin oleh Camat yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

  1. Camat mempunyai tugas :
    1. menyelenggarakan urusan Pemerintahan Umum;
    2. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
    3. mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
    4. mengoordinasikan penerapan dan penegakan Perda dan Peraturan Bupati;
    5. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
    6. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat kecamatan;
    7. membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa dan atau kelurahan;
    8. melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintah Daerah kabupaten yang ada di kecamatan; dan
    9. melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan. Selain melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada huruf a s/d huruf I Camat melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah kabupaten.

Camat dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan program dan kegiatan Kecamatan;
  2. pengkoordinasian penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kecamatan;
  3. penyelanggaraan kegiatan pembinaan ideologi Negara dan kesatuan bangsa;
  4. pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  5. pelaksanaan pembinaan penyelanggaraan terhadap kegiatan dibidang ketentraman dan ketertiban umum;
  6. pelaksanaan pembinaan penyelanggaraan bidang ekonomi dan pembangunan;
  7. pelaksanaan pembinaan penyelanggaraan bidang sosial dan kemasyarakatan;
  8. pelaksanaan penatausahaan kecamatan; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bagian Kedua Susunan Organisasi Kecamatan terdiri atas :

  1. sekretariat;
  2. seksi Pemerintahan;
  3. seksi Ketentraman dan Ketertiban;
  4. seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan;
  5. seksi Kesejahteraan Sosial;
  6. seksi Pelayanan;
  7. kelurahan; dan
  8. kelompok Jabatan Fungsional.

 

  1. Sekretariat Kecamatan

Sekretariat berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan urusan umum, penyusunan perencanaan, pengelolaan kepegawaian dan pengelolaan keuangan serta koordinasi pelaksanaan tugas Seksi dilingkungan Kecamatan.

Dalam melaksanakan tugas Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan penyusunan perencanaan program dan anggaran, evaluasi dan pelaporan;
  2. penyelenggaraan pengelolaan urusan umum, kepegawaian dan keuangan;
  3. pelaksanaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Susunan Organisasi Sekretariat terdiri atas :

a. subbagian Umum dan Kepegawaian;

b. subbagian Keuangan.

 

1. Kedudukan dan Tugas Subbagian Umum dan Kepegawaian.

Subbagian Umum dan Kepegawaian berada dibawah Sekretariat.

Subbagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Subbagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris. Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  1. melakukan urusan rumah tangga Kecamatan meliputi surat-menyurat, kearsipan, dokumentasi, kehumasan, penyusunan laporan dan perlengkapan;
  2. melakukan urusan tata usaha kepegawaian;
  3. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai peraturan perundang-undangan.

 

  1. Subbagian Keuangan

Subbagian Keuangan berada dibawah Sekretariat. Subbagian Keuangan dipimpin oleh Kepala Subbagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Subbagian Keuangan mempunyai tugas :

  1. melakukan penyiapan dan penyusunan rencana, program dan anggaran;
  2. melakukan pengelolaan administrasi keuangan, pembayaran, pembukuan dan verifikasi;
  3. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai peraturan perundang-undangan.

1. Kasi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan berada dibawah Camat. Seksi Pemerintahan dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, fasilitasi dan pelaksanaan kegiatan bidang pemerintahan.

Kasi Tata Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. menyusun Program Kerja Seksi Tata Pemerintahan;
  2. penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi dan singkronisasi perencanaan kegiatan Pemerintahan di tingkat Kecamatan seta penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan di tingkat Kecamatan;
  3. penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, sufervisi, fasilitasi, konsultasi dan pengawasan pelaksanaan administrasi  Desa dan atau Kelurahan;
  4. penyiapan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala Desa dan /atau Lurah, serta Perangkat Desa dan /atau Kelurahan;
  5. penyiapan bahan pembinaan terhadap BPD, RW dan RT;
  6. penyiapan bahan dan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan/atau Kelurahan;
  7. fasilitasi pemungutan pajak Daerah, retribusi Daerah, PBB, serta pendapatan Daerah lainnya;
  8. penyiapan bahan pembinaan dibidang pertanahan dan pengelolaan kekayaan Desa dan /atau Kelurahan;
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

2. Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan berada dibawah Camat. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, fasilitasi dan pelaksanaan kegiatan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan.

 

Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program dan Kegiatan pembinaan pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
  2. pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik Pemerintah maupun Swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di wilayah kerja Kecamatan;
  3. evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja Pemerintah maupun Swasta;
  4. penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Desa di wilayah Kerja Kecamatan;
  5. inventasisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
  6. pembinaan terhadap perkembangan perekonomian Desa;
  7. pembinaan gerakan Partisipasi masyarakat dalam Pembangunan;
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Camat sesuai bidang tugasnya.

 

3. Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi Ketentraman dan Ketertiban berada dibawah Camat. Seksi Ketentraman dan Ketertiban dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, fasilitasi dan pelaksanaan kegiatan bidang Ketentraman dan Ketertiban umum.

 

Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program kerja seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  2. penyusunan bahan perumusan kebijakan tehnis bidang trantibum;
  3. penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi Pelaksanaan kegiatan bidang trantibum;
  4. penyelenggaraan kegiatan bidang trantribum;
  5. melaksanaan koordinasi dengan PD yang tugas dan fungsinya dibidang penerapan dan penegakan Peraturan Perundang-undangan;
  6. pembinaan anggota Satpol PP dan Linmas (Hansip);
  7. penyiapan bahan pertimbangan dan memberikan rekomendasi izin;
  8. penyiapan bahan penyusunan Program dan pembinaan idiologi Negara, Satuan Bangsa, dan organisasi Kemasyarakatan;
  9. pelaporan pelaksanaan tugas bidang trantribum;
  10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Camat sesuai dengan bidang Tugasnya.

 

4. Kasi Kesejahteraan Sosial

Seksi Kesejahteraan Sosial dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, fasilitasi dan pelaksanaan kegiatan bidang Kesejahteraan Sosial

Kasi Kesejahteraan Sosial mempunyai fungsi :

  1. penyusunan Program kerja seksi Kesejahteraan Masyarakat;
  2. pelaksanaan pembinaan pelayanan bantuan sosial, Pembinaan Kepemudaan, Olah Raga dan Kepramukaan;
  3. penyiapan bahan penyusunan Program Pembinaan teknis tentang pemberdayaan perempuan dan Kesejahteraan Keluarga;
  4. penyiapan bahan penyusunan Program bimbingan Kesejahteraan Sosial;
  5. penyiapan bahan penyusunan Program pembinaan kehidupan Umat beragama;
  6. penyiapan bahan penyusunan Program pembinaan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan bencana alam;
  7. pengelolaan administrasi keluarga miskin;
  8. penyiapan bahan pembinaan ke tenagakerjaan dan transmigrasi;
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai bidang tugasnya.

 

5. Kasi Pelayanan

Seksi Pelayanan berada dibawah Camat. Seksi Pelayanan dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Seksi Pelayanan mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, fasilitasi dan pelaksanaan pelayanan perizinan dan non perizinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kasi Pelayanan Umum mempunyai fungsi :

  1. penyusunan Program kerja seksi Pelayanan Umum;
  2. penyusunan pedoman dari petunjuk tehnis Pembinaan pelayanan di bindang pelayanan Umum dan administrasi Kependudukan;
  3. pelaksanaan pelayanan umum dan administrasi Kependudukan;
  4. pelayanan administrasi Surat Menyurat yang dibutuhkan Masyarakat;
  5. pembinaan administrasi kependudukan Desan dan Kelurahan, dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Camat sesuai bidang tugasnya.

 

Kelurahan

Kelurahan dipimpin oleh Lurah yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat.  Lurah mempunyai tugas :

  1. melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  2. melakukan pemberdayaan masyarakat;
  3. melaksanakan pelayanan masyarakat;
  4. memelihara ketentraman dan ketertiban umum;
  5. memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum;
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat; dan
  7. melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sumber Daya Kecamatan Pemayung

Dalam menjalankan roda Pemerintahan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya Kecamatan Pemayung sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Batang Hari Nomor 58 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas Jabatan dan Tata Kerja Kecamatan Kabupaten Batang hari ditunjang oleh aparatur Pemerintahan Kecamatan, secara Rinci personil Pemerintahan Kecamatan Pemayung sesuai pada tabel berikut :

 

DATA PEGAWAI

MENURUT JABATAN

PANGKAT/GOLONGAN DAN PENDIDIKAN

No

Jabatan

Jml

Pangkat/Gol./Ruang

Pendi

dikan

Ket

1

Camat

1

Penata TK I/III/D

S1

 

2

Sekcam

1

Penata       / III/C

S1

 

3

Kasi PMD

1

Penata       / III/C

S1

 

4

Kasi Trantib

1

Penata       / III/C

S1

 

5

Kasi Pemerintahan

1

Penata Muda TK I / III/B

SI

 

6

Kasi Pelayanan

1

Penata Muda TK I / III/B

SI

 

7

Kasi Kessos

1

Penata Muda TK I / III/B

S1

 

8

Kasubbag Keuangan

1

Penata Muda / III/A

S1

 

9

Kasubbag Umum dan Kepegawaian

1

Penata Muda / III/A

S1

 

10

Staf

3

Penata TK I/III/D

S1

 

11

Staf

3

Penata / III/C

S1

 

12

Staf

2

Penata Muda TK I/III/B

S1

 

13

Staf

2

Penata Muda /III/A

S1

 

14

Staf

2

Pengatur Muda / II/D

D3

 

15

Staf

1

Pengatur / II/C

S1

 

16

Staf

3

Pengatur /II/C

SMA

 

17

Staf

1

Pengatur Muda TK.I/II/B

1

 

10

Staf

2

Juru / I/C

SMA

 

12

PTT

23

Non PNS

-

 

 

KEADAAN PERSONIL DAN KEBUTUHAN PEGAWAI

KANTOR CAMAT PEMAYUNG

NO

NAMA JABATAN

KE

BU

TU

HAN

YA

NG ADA

KE

KURANGAN

STRUK

TURAL

PELAKSANA

1.

Camat

 

1

1

0

2.

Sekretaris Camat

 

1

1

0

 

 

 

3.

 

 

 

Kasubbag Umum dan Kepegawaian

 

1

1

0

4.Pengadministrasi Umum

1

1

0

5.Pengelola Kepegawaian

2

1

1

6. Pengelola Barang Milik Daerah

1

1

0

7. Petugas Keamanan

1

1

0

8.Pramu Bakti

1

0

1

9.Pengemudi

1

0

1

10. Operator

1

0

1

11.Petugas Protokol

1

0

1

12.

Kasubbag Keuangan

13. Bendahara

1

1

0

 

 

14. Pengadminitrsi Keuangan

1

1

0

 

 

 15. Pengelola Program dan Kegiatan

1

0

1

 

 

16.Verifikator Laporan Keuangan

1

0

1

17.

Kasi Pemerintahan

 

1

1

0

18.Pengadministrasian Pemerintahan

3

1

2

19.Pengadministrasian Kependudukan

1

1

0

20.

Kasi Trantib

 

1

1

0

21. Pranata Perlindungan Masyarakat

1

0

1

22.

Kasi PMD

 

1

1

0

23.Pengelolaan Pemberdayaan       Masyarakat

3

3

0

24.

Kasi Kessos

 

1

1

0

 

 

25. Pengelola Kesejahteraan Sosial

4

1

3

26

Kasi Pelayanan

 

1

1

0

 

 

27.Pengadministrasian Perizinan

4

1

3

Kinerja Pelayanan Kecamatan Pemayung

          Berdasarkan Sasaran dan Target Rencana Strategis (RENSTRA) PD Kecamatan Pemayung Tahun 2016-2021 Gambaran tingkat Capaian kinerja Kecamatan Pemayung Menunjukkan hasil yang Cukup baik terutama pada tahun 2019,

walaupun ditahun 2020 capaian Kinerja Pelayanan Kecamatan Pemayung mengalami Penurunan akibat dari dampak Wabah Covid – 19 yang menjadikan penyelenggaraan Pemerintahan menjadi terganggu karena alokasi Anggaran sering dilakukan refocusing, namun demikian pelayanan dan penyelenggaran tugas yang Limpahkan ke Kecamatan Masih berjalan dengan baik hal tersebut dapat dilihat pada data hasil Surve Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kantor Camat Pemayung pada dua tahun tersebut yaitu masih mencapai nilai rata-rata 81,38 persen.